design minimalis?..nggak penting !!!


"wah kayaknya perlu di coba nih,tren terbaru ya gan?"
"wah..saya ketinggalan zaman nih,ternyata sudah ada tren baru ..."
"gan ada template minimalis nggak?..izin sedot dong?"

pernah BW dan menemukan komentar-komentar seperti di atas?..yupzzz...semua terpesona oleh tren yang nggak tahu di mulai oleh siapa...dan sebenarnya seberapa pentingkah saya bila ikut-ikutan tren?..tren design minimalis,saya belum melihat kolerasi keberhasilan design blog yang minimalis dengan ramainya pengunjung blog itu sendiri.....dan saya juga belum melihat efek tren design minimalis dengan kualitas blog itu sendiri....

apakah dengan semakin minimalis blog otomatis menjadikan blog saya berkualitas dan mendatang iklan?..belum tentu..apakah semakin minimalis blog akan semakin mudah mendatangkan pengunjung?..bohong juga....apakah dengan ikut-ikutan tren design minimalis blog anda akan semakin memanjakan pengunjung?..pikiran oon...

design minimalis di sebarkan sebagai ajang pembenaran dan pembesaran terhadap kepala mereka sendiri,menutupi kekurangan dan mencari pembenaran atas blog mereka sendiri,karena bagi saya hal yang terpenting adalah konten blog itu sendiri ...

coba tengok portal berita macam vivanews.com,detik.com,kapanlagi.com,ongisnade.net,blog portal berita ramai banget,jauh dari kesan minimalis,dan memang bukan blog minimalis,tetapi blog tetap ramai,iklan juga bejibun,otomatis duit masuk..bahkan kaskus,web terbesar di Indonesia,5 besar dunia juga jauh dari kesan minimalis,malah sudah di tawar oleh yahoo sebesar $450juta...

so..design menurut saya adalah nomor belakang,isi konten paling penting,dan belum perlu saya ikut-ikutan lebay dengan menerapkan design minimalis...di beri design paling baguspun jika isi konten kosong sama juga oon.....atau kalau mau lebih ekstrim di sebut minimalis mending tuh blog nggak usah di beri ornamen,tanpa widget,tanpa artikel dan tanpa link sekalian,di kosongin saja....cukup url blog kita saja yang nangkring di halaman blog...lebih minimalis kan?..ha..ha..ha....

7 Responses so far.

  1. Lilis says:

    Salam kawan.. Benar isi konten dan kegunaan web sangat penting.. Misal Google sangat minimalis tapi pengunjungnya banyak..

  2. Huda Tula says:

    dibikin sesuai selera aja... blog-blog dewe. leave it or love it, (halah).

  3. Di balik desain minimalis sebenarnya ada tujuan positif kok mas. Tak lain agar pengunjung bisa lebih fokus ketika ingin membaca posting-posting yang ada di blog tersebut. Jika pengunjung bisa lebih fokus membaca, maka manfaat tulisan-tulisan di blog tersebut pun akan bisa lebih maksimal. Itu hakikatnya.

    Minimalis dalam desain bukan untuk seperti yang mas Agus kira seperti dalam tulisan di atas. Jadi saya harap tidak terlalu mudah menduga-duga. Toh belum tentu dugaan kita tersebut benar.

    Saya sendiri menggunakan template satu kolom bukan karena ingin ikut-ikutan tren atau apalah. Melainkan karena saya sudah bosan dengan template 2 atau 3 kolom. Bukan berarti saya tidak suka mengunjungi blog yang menggunakan template 2 atau 3 kolom. Yang penting bagi saya postingnya mudah dibaca dan tidak terkesan berantakan.

    Soal konten lebih penting daripada desain, mungkin memang benar. Tapi menurut saya, desain juga sangat mendukung konten tersebut agar lebih mudah dibaca oleh pengunjung dan bisa lebih maksimal manfaatnya.

    Coba bayangkan saja, konten sudah bagus dan bermutu, tapi desainnya hancur, terlalu sumpek, terlalu rame, dan tampilan postingnya susah banget dibaca (tipografinya buruk). Bagaimana pengunjung bisa atau mau menyimak konten tersebut? Ujung-ujungnya, pengunjung mungkin akan mampir sebentar saja dan lalu kabur. Akhirnya, konten yang bermutu tersebut pun menjadi tidak berguna karena tidak ada yang mau baca.

    Jadi menurut saya, desain sama pentingnya dengan konten. Desain yang baik akan mempermudah pembacaan konten. Ini tidak selalu harus kita hubungkan dengan trafik atau penghasilan blog. Tidak ada yang berpendapat bahwa desain minimalis akan menarik lebih banyak pengunjung atau akan menambah penghasilan blog. Jangan-jangan cuma dugaan mas Agus Widodo.

  4. widodo says:

    Iskandaria....saya senang kalau ada komentar yg bertentangan dengan pendapat saya..akan lebih hidup dan nikmat...
    sebenarnya pesan di atas hanyalah pesan agar tidak ikut2an latah...karena saya sebelumnya melihat beberapa blog teman yang dari sisi layout sudah menarik dan bagus,gara2 ikutan latah malah jadi amburadul..

  5. Saya memang lebih suka tampilan yang ramai/padat.

  6. Mungkin template minimalis lebih ditujukan untuk mempercepat loading.

    Saya juga lebih senang dengan yang ramai kok..

  7. Oh ya, saya setuju banget jika pesannya agar tidak ikutan latah. Memang sih, saya melihat ada juga yang terkesan latah (ikut-ikutan) pakai desain minimalis. Jika cuma karena begitu, saya juga kurang setuju sih. Padahal desain sebelumnya udah bagus.

Leave a Reply

~blog roll~

~new comments~