"gap" dunia bloging...

saya tidak tahu kata yang apa untuk menggambarkan hal ini,kalau saya lebih suka menyebuut gap,kesenjangan atau apalah...ternyata bukan hanya di kehidupan sosial saja terdapat gap /kesenjangan,setelah beberapa hari mengamati,aroma gap dunia bloging begitu kental dan menyeruak...

sebatas yang saya ketahui [maklum masih newbie] ,banyak domain di dunia bloging,baik yang berbayar atau yang gratis,dan akhirnya membentik suatu kelompok berdasar strata mereka,strata sosial tinggi akan bergaul pula dengan strata tinggi pula,pun sebaliknya,jika strata sosial rendah jika akan berkunjung ke kelompok sosial yang strata tinggi akan malu...

dan yang terjadi kebanyakan golongan strata bloger ber-domain berbayar,seperti .com / net /web.id /org dan sejenisnya cenderung berkunjung ke blog dengan strata yang sama pula,kalau toh mereka berkunjung ke blog strata rendah [karena gratis] mungkin hanya karena berdasar adat ketimuran/balas budi dan kunjungan balik...

berikut catatan saya :

#blog Personal Field ..digawangi Kang aldy..dari artikel terakhir terdapat komentar sebanyak 48 biji ,rata-rata komentator mempunyai domain berbayar ..hanya 5 biji yang berdomain gratisan..termasuk saya..he..he...

#kafegue.com ..penjaga gawangnya kang Iskandaria..dari artikel terakhir terdapat 23 komentator,hanya ada 3 yang berdomain gratis ...

#rudyazhar.com ..artikel terakhir terdapat 46komentar ..hampir semua berdomain berbayar....

#sundagasik.com/  ..artikel terakhir 32 komentar,hampir semua komentator berbayar domainnya,hanya beberapa yg gratisan..

dan masih banyak yg laiinya,..contoh blog di atas saya ambil random,tanpa bermaksud black campaign.

"saya tidak tahu faktor apa yang menyebabkan demikian,padahal kalau dari segi artikel seperti yang di bahas juga nggak begitu berat,malah terkadang dari beberapa artikel sebelumnya juga membahas hal yang nggak penting banget,saya juga pernah mencoba berkunjung di blog salah salah komentator di ke-3 blog tersebut di atas,mencoba ikut nimbrung,ternyata respon adem ayem saja...lain halnya ketika ada komentator berdomain .com/net/web/info ..sambutan sepertinya hangat banget walaupun belum kenal ..

kenapa saya bilang demikian,karena beberapa waktu yang lalu saya mencoba meninggalkan kentut di blog komentator yang ada di blognya kang Aldy,saya pilih acak memang,begitu ada komentator berdomain berbayar langsung saya buka dan tinggalin kentut,walau belum pernah berkunjung,berhubung saya memakai domain .com,sambutan hangat,tetapi akan terjadi kebalikannya ketika saya mencoba meninggalkan kentut dengan domain blogspot.com..terhitung 12X saya mencoba meninggalkan kentut di blog berdomain berbayar dengan memakai domain blogspot.com,ternyata memang ada gap di sana...

karena memang sepertinya sudah terjadi pengelompokkan status sosial dunia bloging,yang berdomain .com/net/info hanya akan bergaul dengan domian yang sama,..semoga dugaan saya benar"

kebalikkanya akan di terjadi di blog yang berdomain gratisan,blogspot,wordpress,co.cc,co.tv,cz.cc dan yang lainnya,ketika saya mencoba meninggalkan kentut di blog domain gratisan,...apapun komentar saya,walau kadang yang saya tinggalkan cuman komentar kentut dan komentar basa-basi,tetapi respon yang baik bisa saya dapatkan dan bisa juga terjadi kebalikannya,tidak ada respon sama sekali...akan tetapi ketika saya mencoba meninggalkan kentut dengan memakai domain.com [milik kantor..he..he...] ..waduh..apapun komentar saya,walau komentar pedas sekalipun yang punya blog tidak marah,karena saya memakai domain .com..aneh kan?..ha..ha....
seperti terjadi pemujaan di sini,karena saya memakai domain .com,rasa ewuh pakewuh pasti tumbuh,mereka beranggapan bahwa blog domain.com strata sosialnya di atas blogspot.com..jadi apapun yang saya lakukan saya harus di hormati,lain cerita ketika saya meninggalkan komentar pedas dengan memakai blogspot,serangan balik di lakukan dengan gencar dan cepat...
#kakve-santi.blogspot.com/ ..artikel terakhir 76 komentar,saya mencatat hanya sekitar 6 komentator berdomain berbayar,dan ada indikasi komentar yang di tinggalkan berharap untuk kunjungan balik...

dan masih banyak contoh yang lainnya....

tidak dapat di pungkiri,memang terjadi gap di sini,terjadi kelompok-kelompok sosial yang berdasar strata sosial pula di dunia bloging,seperti klub mobil atau motor,yang memakai mobil jimmy kotrik yo harus bergabung di klub jimmy kotrik,yang punya BMW bergabung di klub mobil BMW,tetapi ketika mencoba berkunjung,sambutan akan lain jika yang berkunjung adalah anggota klub mobil mengunjungi klub mobil FIAT 65,dan ketika anggota klub mobil FIAT 65 berkunjung ke klub mobil BMW sambutan yang di terima tidak akan sehangat bila yang mengunjungi adalah anggota MERCEDES BENZ klub...

itulah kira-kira yang saya rasakan setelah melakukan pengamatan selama 1 bulan....

happy bloging....

7 Responses so far.

  1. hahaha....!
    Ada-ada saja hasil penelitianmu mas haha, salut juga kreativitasmu!

    Kalau menurut saya itu bloggernya blogger rusak! Rusak karena yang dinilai kemauan membeli dan membayar registrasi domain 150rb/tahun. Apa nggak rusak? Apa susahnya membeli domain kalau kita mau. 3 domain berbayar bisa dibeli. Tapi kalau ada yg gratis kenapa yg berbayar...Toh kontennya berbobot kan gak masalah ya nggak? Jadi penasaran juga saya baca laporanmu ini mas widodo.

    ----------

    Saya benar2 tertawa terpingkal2 baca related post kamu mas:

    Artikel sampah lainnya hahahaa....!

  2. r10 says:

    kalo saya justru mikirnya adalah blog wordpress tidak mau berkunjung balik ke blogspot (konon alasannya adalah karena blogspot sistem komentarnya ribet)

  3. widodo says:

    Anas..>>>betul mas..sebenarnya domain nggak begitu penting,yang lebih penting justru isi kontennya..lha kalau isi kontennya cuman sampah kayak blog saya,terus saya belikan domain,ya malu dengan domainnya..masak pake kometral.com trus isinya cuman sampah....
    oleh karena itu untuk sementara saya pakai gratisan saja,belum begitu urgent pakai berbayar kalau cuman buat gaya-gayaan saja...
    hanya sekedar menunjukkan kalau kita mampu beli domain berbayar,sekedar eksistensi diri,nggak penting buat saya...

    lebih baik pake gratisan saja,toh semua ekspresi dan uneg-uneg bisa saya tumpahkan di sini...
    kecuali kalau memang tujuan awal untuk perusahaan atau jaga prestise,baru saya akan pake domain.com..

    tapi melihat gap yang ada,,,sedih juga,,mosok sih gara2 uang cuman 90rb/thn terjadi gap?..uang 90rb hanya habis buat makan saya dan keluarga untuk 1hari...
    eman-eman kalau terjadi gap hanya karena 90rb...
    saya bermimpi semua ngumpul tanpa ada gap...

  4. siti says:

    wah..ada juga yang begitu ya mas?baru tau aku..

  5. widodo says:

    siti.>>>..ada mbak..coba BW..dan lakukan pengamatan..pasti ada..yg blognya pake WP berkumpul dengan para pemakai WP..yg blogspot ngocehnya juga di tempat blogspot..yang berbayar juga cenderung berkumpul di blog berbayar juga..
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    ibarat klub mobil,blogger gratisan itu klub mobil tua,seperti FIAT 65 klub,nah jika berkunjung ke klub MERCEDES BENZ memang di terima,tapi tidak sehangat sambutan yg di terima BMW klub bila berkunjung...

    jadi memang anggota klub mobil tua harus sadar diri...

  6. TriZ says:

    O gitu yah.. aku bahkan gak pernah melirik embel2 com / net /web.id /org... baik terhadap komen yang masuk, atopun kalo ninggalin komen.. waduh harus lihat2 dulu donk.. tar aku dianggap gembel .. hehe..

  7. widodo says:

    TriZ..>>> ..wkakakakk..gembel juga nggak apa-apa..yg penting gembel berkualitas...

Leave a Reply

~blog roll~

~new comments~